Geotextile

Kontraktor Geotextile
Kontraktor Geotextile

Geotextile merupakan bahan geosintetis yang memiliki sifat permeable atau tembus air. Kemudian, bahan dasar pembuatannya, yakni polyprophilene dan polyesther. Dalam dunia konstruksi, geotextile mempunyai peran untuk meningkatkan karakteristik tanah dan membantu drainase. Geotextile dapat mengkondisikan struktur tanah yang basah atau labil menjadi layak dan baik, karena memiliki kemampuan untuk menyaring (filtration), memisahkan (separation), memperkuat dan melindungi tanah (protection).

Jasa Pasang Geotextile
Jasa Pasang Geotextile

Bebagai Jenis Geotextile

Berikut 2 (dua) jenis geotekstil, di antaranya:

  • Geotekstil Bukan Anyaman (Non-woven)

Bahan dasar pembuatnya adalah polyester fibre dan ada juga dari polypropylene. Bentuk dari geotekstil ini yakni berupa kain karpet dan di gunakan sebagai filtrasi (filtrasi) dan separator (pemisah).

  • Geotekstile Tenunan

Geotekstil kain tenun adalah yang paling umum, dan metode pembuatannya mirip dengan tekstil pakaian. Jenis ini di buat dari dua set benang atau benang paralel. Mempunyai wujud seperti karung beras serta kekuatan tekanan (tensile strength) yang lebih tinggi dan umumnya di gunakan untuk menjaga stabilitas tanah.

Jasa Geotextile Woven dan Non-Woven Terbaik
Jasa Geotextile Woven dan Non-Woven Terbaik

Fungsi Utama Geotekstil

Geotekstil biasanya di gunakan untuk memperbaiki karakteristik tanah sebelum membangun tanggul, jalan, jaringan pipa dan struktur tanah. Berikut beberapa fungsi geotekstil :

  • Pemisah (Separation)

Mencegah tanah/batu yang ukurannya berbeda supaya tidak tercampur. Contohnya seperti memisahkan tanah halus dari agregat dalam konstruksi jalan.

  • Filtrasi (Filtration)

Fungsi ini mengizinkan air supaya mampu mengalir secara timbal balik. Geotextile dapat di pasang secara horizontal atau vertical untuk mengatasi masalah untuk saluran air di rumah atau pun di bawah jalan.

  • Proteksi (Reinforcement/Protection)

Fungsi terakhir dari geotekstil ini adalah mampu memperkuat tanah. Umumnya dapat di aplikasikan untuk konstruksi jalan yang dibangun di atas tanah.

Ini adalah alasan utama mengapa geotekstil di gunakan dalam konstruksi. Ketika geotekstil di pasang di antara dua tanah yang berbeda, itu akan mencegah pencampuran ketika air masuk ke lapisan tanah. Dengan cara ini, karakteristik tanah yang di butuhkan dapat di lestarikan.

Baca juga : Geomembrane Adalah…

Aplikasi Area Geotekstil

Geotekstil di gunakan dalam berbagai pekerjaan infrastruktur, yang meningkatkan kekuatan sifat tanah yang lemah dan mencegah erosi. Akibatnya, tempat yang tidak layak menjadi cocok untuk bangunan/konstruksi sipil. Berikut area-area yang dapat di aplikasikan geotekstil :

  1. Jalan Raya Sementara & Permanen
  2. Tempat Parkir & Lokasi Konstruksi.
  3. Pekerjaan Sungai, Kanal & Pesisir.
  4. Filtrasi & Drainase
  5. Pertanian
  6. Pekerjaan kereta api
  7. Perlindungan & pengendalian erosi
  8. Struktur dinding penahan tanah
  9. Tanggul dll.
Jasa Pasang Geotekstil Berpengalaman

Ketika proses pemasangan geotekstil di butuhkan tenaga ahli yang berpengalaman agar hasil akhirnya berkualitas. Salah satu jasa pemasangan geotekstil berpengalaman untuk seluruh wilayah Indonesia yakni PT Alpha Tunas Mandiri.

Jika Anda membutuhkan jasa pemasangan geotekstil, silahkan hubungi kami melalui HOTLINE atau email kami di alphatunasmandiri@gmail.com.


Temukan Kami di sosial media :